Translate

Jumat, 25 Agustus 2017

Periode-Periode Sejarah Pembentukan Bumi



     Dalam ilmu sejarah terdapat masa-masa dalam pembentukan Bumi yang kita tempati saat ini. Contohnya masa kita hidup saat ini berada di eon Fanerozoikum, era Kenozoikum, periode Kuarter, dan kala Holosen. Dalam penggolongannya, ada pembagian waktu dengan ruang lingkup waktu tertentu. Dimulai dari zaman yang merupakan ruang lingkup dengan interval waktu yang tidak terlalu lama yang disebut zaman, dan beberapa zaman pun berada dalam lingkup waktu lebih lama yang dinamakan kala. Sekumpulan kala itu membentuk ruang lingkup waktu dengan jarak yang lebih lama dan disebut periode, gabungan dari beberapa periode dinamakan era. Seperti kata pepatah diatas langit masih ada langit, diatas era pun masih ada lagi yang dinamakan eon. Eon adalah ruang lingkup waktu yang lama.






1. Eon 


     Eon adalah ruang lingkup waktu yang sangat lama, eon tersusun oleh beberapa era. Awalnya, hanya ada 2 eon yaitu Fanerozoikum dan Prakambrium. Namun, sekarang era-era di eon prakambrium sudah ditetapkan sebagai eon sendiri, yaitu Hadean, Arkean, dan Proterozoikum.


2. Era


     Era adalah waktu yang lebih lama dari periode tetapi lebih sebentar daripada eon. Beberapa periode membentuk era dan beberapa era membentuk eon. Era-era yang ada yaitu Eoarkean, Peleoarkean, Mesoarkean, Neoarkean, Paleoproterozoikum, Mesoproterozoikum, Neoproterozoikum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum



3. Periode

 
     Menurut wikipedia, Periode adalah :
"Periode atau kadang disebut juga dengan zaman, adalah subdivisi waktu geologi yang membagi era menjadi rentang waktu yang lebih kecil."
Periode yang ada adalah Ediakaran, Kambrium, Ordovisium/Silur, Devon, Karbon, Perm, Trias, Jura, Kapur, Paleogen, Neogen dan Kuarter.


4. Kala


     Dalam geologi, kala (Bahasa Inggris: epoch) adalah skala waktu geologi yang menyusun suatu periode. Kala yang dikenal antara adalah: Paleosen, Eosen, dan Oligosen pada periode Paleogen. Miosen, Pliosen, Pleistosen, dan Holosen pada periode Neogen. Beberapa periode lain umumnya dibagi menjadi kala "awal" dan "akhir", serta kadang-kadang "tengah". Misalnya Devon Awal, Jura Tengah, dan Ordovisium Akhir.




      Sekian Postingan Saya kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan, dan juga Saya tidak menjelaskan  yang bagian zaman karena Saya tengah Malas juga kurang mengerti dan di internet kurang dijalaskan jadi maaf sajalah. Untuk kedepannya InsyaAllah di bagian 'Sejarah' ini Saya akan jelaskan setiap Masa-nya di postingan-postingan selanjutnya, jadi sampai jumpa di postingan selanjutnya ~












Sumber : - Wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar