Translate

Selasa, 14 Februari 2017

Memahami Makna Asma'ul Husna : Al-Karim, Al-Mu'min, dan Al-Wakil

  Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh    

     Pada postingan kali ini Saya akan menjelaskan tentang Asma'ul Husna : Al-Karim, Al-Mu'min, dan Al-Wakil. Tapi sebelum itu lebih baik jika kita terlebih dahulu mengetahui apa itu Asma'ul Husna.

Pengertian Asma'ul Husna

     Asma'ul Husna atau Al-Asma'u Al-Husna berasal dari dua kata, yaitu asma yang berarti nama-nama, dan husna yang berarti baik atau indah. Jadi, Asma'ul Husna dapat diartikan sebagai nama-nama yang baik dan indah yang hanya dimiliki oleh Allah SWT. Kata Al-Asma'u Al-Husna diambil dari ayat Al-Qur'an Q.S. Taha/20:8, yang artinya, "Allah SWT. Tidak ada Tuhan melainkan Dia. Dia memiliki Al-Asma'u Al-Husna (nama-nama baik) ". Asma'ul Husna berjumlah 99 buah nama-nama baik yang dimiliki oleh Allah SWT.

Dalil Tentang Al-Asma'u Al-Husna 

1. Firman Allah SWT. dalam Q.S. Al-A'raf /7:180 

     Artinya : "Dan Allah SWT. memiliki Asma'ul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (Menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (Menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan."
(Q.S. Al-A'raf /7:180).

2. Hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari

     Artinya : "Dari Abu Hurairah ra. sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda : Sesungguhya Allah SWT mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barang siapa yang menghafalkannya, maka ia akan masuk Surga." (H.R. Bukhari).

1. Al-Karim

     Secara bahasa, Al-Karim mempunyai arti Yang Mahamulia, Yang Maha Dermawan atau Yang Maha Pemurah. Al-Karim dimaknai Maha Pemberi karena Allah SWT. senantiasa memberi, dan tidak pernah terhenti pemberian-Nya. Al-Karim dapat dimaknai juga Yang Maha Pemberi Maaf karena Allah SWT senantiasa memaafkan dosa para hamba yang lalai dalam menunaikan kewajibannya kepada Allah SWT, kemudian hamba itu mau bertaubat keoada Allah SWT.

     Menurut Imam Al-Gazali, Al-Karim adalah Dia yang apabila berjanji, menepati janjinya; bila memberi, melampaui batas harapan tidak peduli kepada siapapun dan berapapun.

2. Al-Mu'min

     Al-Mu'min sacara bahasa berasal dari kata Amina yang berarti pembenaran, ketenangan hati, dan aman. Al-Mu'min artinya Dia Maha Pemberi rasa aman kepada semua makhluk-Nya, terutama kepada Manusia. 

     Mengamalkan dan meneladani Asma'ul Husna Al-Mu'min berarti bahwa seseorang yang beriman harus menjadikan orang yang ada di sekitarnya merasa aman bahkan dari gangguan lidah dan tangannya.

3. Al-Wakil

      Al-Wakil mengandung arti Maha Mewakili atau Pemelihara. Al-Wakil berarti Allah SWT Maha Memelihara dan mengurusi segala kebutuhan Makhluk-Nya, baik dalam urusan dunia maupun urusan akhirat. Seseorang yang melakukan urusannya dengan sebaik-baiknya dan kemudian menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT untuk menentukan karunia-Nya, akan melahirkan sikap Tawakkal.


     Terima kasih telah membaca postingan Saya kali ini mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan ataupun ilmu yang Saya sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan Saya selanjutnya ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar