Translate

Minggu, 01 Juli 2018

Devonian : Periode Ketiga Pada Era Peleozoikum



   Setelah sebelumnya kita membahas tentang periode ordovisium/silur, Sekarang Saya akan melanjutkan tentang periode ketiga pada era Paleozoikum, yaitu periode Devonian atau yang memiliki sebutan lain sebagai "Zaman Ikan".


Sumber : sites.google.com


       Nama devonian berasal dari kata "Devon", devon merupakan tempat di inggris dimana pertama kalinya batuan exmoor yang berasal pada zaman ini mulai dipelajari. Periode ini berlangsung sekitar 416 hingga 359 juta tahun yang lalu. Udah lama sekali ya zaman devon ini, berjuta-juta tahun yang lalu. Yang jelas jika kalian mencari kalender bekas pada zaman ini kemungkinan besar susah sekali di dapatnya, jadi bagi kalian pengoleksi kalender bekas buang jauh-jauh harapan untuk mengoleksi kalender dari zaman ini kecuali kalian cukup beruntung untuk mendapatkannya.


       Skala waktu periode devonian ini terbagi atas beberapa kala yang menyusun periode devonian ini, yaitu lochkovian, pragian, emsian, eifelian, givetian, frasnian, dan famennian. pada periode devonian ini, berbagai tumbuhan dan organisme mulai berkembang. Serangga dan amfibi sudah mulai berkembang dan daratan mulai ditumbuhi pepohonan. Salah satu pohon yang hidup pada periode devonian ini adalah archaeopteris.


Sumber : wikipedia.org


   Archeopteris adalah tumbuhan mirip pohon yang telah punah dengan daun mirip pakis. Pohon ini diperkirakan berasal dari akhir periode devon sampai awal periode karbon (383 sampai 323 juta tahun yang lalu) Bentar sekali ya waktunya. Namanya berasal dari bahasa yunani kuno (archaīos) yang berarti "kuno", dan (ptéris), yang berarti "pakis".


   Pohon-pohon dari genus ini biasanya dapat tumbuh hingga setinggi 30 m dengan diameter batang pohon bisa sampai 1,5 m. Pohon yang sangat besar dan panjang ya, cocok nih untuk tempat membangun rumah pohon yang keren. Archaeopteris tumbuh di dekat sungai atau tempat lain dengan tanah basah.







       Sudah Saya sebutkan diatas bahwa periode devonian ini juga disebut "zaman ikan", hal itu dikarenakan pada periode devonian ini terjadi evolusi menakjubkan dibawah lautnya tarutama pada kelompok ikan. Pernahkah kalian melihat ikat dengan berat 2 ton dan panjang 4-5 meter ? atau mungkin pernahkah kalian memelihara ikan yang memiliki 'tameng' di wajahnya dengan tebal 1-2 inchi dan memiliki berat keseluruhan tubuh sampai 5 ton ? kalau pernah dulu kalian beri makan apa ? soalnya Saya mau pelihara juga. ya kalian bisa bayangkan sendiri seperti apa kehidupan bawah laut devonian ini dengan kehadiran ikan-ikan tersebut. Masa ini juga mulai muncul hiu pertama kali.


       Untuk itu sekarang Saya akan membahas tentang beberapa makhluk hidup yang sempat mewarnai keceriaan periode devonian ini.


    1.) Hyneria

Sumber : wikia.com

       Yap ini dia salah satu kontestan kita, Hyneria ! Hyneria memiliki panjang 4-5 meter dengan berat 2 ton. Hyneria berenang di sungai pada periode devon akhir dan memangsa ikan-ikan seperti Stethacanthus dan amfibi seperti hynerpeton. Satu hal lagi................................... IKAN INI BISA BERJALAN DI DARAT !!! Dengan sirip depan yang kuat hyneria dapat mendorong dirinya untuk berjalan di darat dan ia juga menggunakan kandung kemih udara sebagai paru-paru untuk dapat bertahan hidup di darat pada interval waktu yang pendek.


    2.) Panderichthys

Sumber : pinterest.com

       Panderichthys adalah ikan yang hidup pada periode devon pertengahan dan akhir. Ikan ini memiliki bentuk yang diyakini merupakan transisi dari 'air' ke 'darat'. Sirip-siripnya menunjukkan perkembangan jari-jari pertama di dalamnya. seperti sebuah transisi dari sirip ke 'tangan'. Terdapat juga pergeseran ke daerah panggul sebagai penggerak, seperti hewan yang hidup di darat lainnya. Panderichthys mungkin memiliki spesialisasi untuk hidup di perairan dangkal dimana sirip-sirip gemuknya akan mempermudah gerakan ketika tidak ada cukup air untuk melayang di dalam air, walaupun kita tidak tahu pasti apakah panderichthys pernah meninggalkan air untuk berjalan di daratan, lagian dia nggak bisa ngomong sih ditanya malah diam aja...........



    3.) Arandaspis

Sumber : prehistoric-wildlife.com

       Tubuh arandaspis panjang dengan satu sirip memanjang di sekitar bagian posterior tubuh. Dengan bentuk seperti itu arandaspis tidak pernah dipilih untuk mengikuti lomba renang mewakili daerahnya karena dianggap bukan perenang yang sangat kuat, apalagi panjangnya cuma sekitar 15 cm. Bayangkan jika ia disuruh ikut lomba renang melawan hyneria tadi, sampai garis finish udah hilang tuh arandaspis................ apalah daya maksud hati ingin membanggakan daerahnya eh malah mati konyol.



    4.) Hynerpeton

Sumber : http://prehistoric-earth-a-natural-history.wikia.com

       Hynerpeton adalah amfibi prasejarah raksasa sepanjang 2 meter dan salah satu hewan vertebrata pertama yang dapat hidup dan bergerak di darat untuk waktu yang lama. Hynerpeton hidup selama periode devon akhir (360-350 juta tahun yang lalu). Ukurannya jauh lebih besar dari kebanyakan amfibi di abad ke-21 ini. Tetapi meskipun mereka bisa bernafas dan bergerak di darat, Hynerpeton masih hidup terikat dengan air. Kulit mereka tipis dan kering dalam hitungan menit, jadi mereka harus menjaga kulit mereka agar tetap basah.



    5.) Boreaspis

Sumber : pinterest.com
       Boreaspis adalah ikan tanpa rahang dari periode devonian................................... dah gitu aja. Selebihnya kalian cari sendiri di internet, tinggal tulis aja "boreaspis" nanti muncul kok informasi tentang si boreaspis ini, seperti contohnya tentang setidaknya ada 14 spesies boreaspis yang diketahui dan dibedakan berdasarkan lebar perisai kepala segitiga mereka. ataupun informasi lain seperti ukuran mereka tergolong kecil dengan pelindung kepala sekitar 2 cm.



    6.) Dunkleosteus

Sumber : unapologeticnerd.com
       Dunkleosteus memiliki arti "Tulang satu dunkle". Nama itu diberikan untuk menghormati sang penemunya yaitu Dr.David Dunkle. Ikan ini merupakan salah satu placoderm (Ikan yang memiliki lapisan kulit seperti armor sebagai pelindung) terbesar sepanjang masa. Dan salah satu dari ikan karnivora terkuat di dunia. Ikan ini tinggal di perairan sedang dan dalam, yang memiliki banyak hewan lain sebagai makanan untuknya. Ikan ini dapat tumbuh sampai 5-9 meter dengan berat 4-6 ton. Ikan ini memiliki tulang seperti hiu tetapi terdapat perisai yang melindungi kepalanya. Dunkleosteus digambarkan sebagai predator brutal yang menyerang hampir apa saja yang lebih kecil dari tubuhnya termasuk arandaspis yang ikut lomba tadi.



    7.) Stethacanthus

Sumber : http://dinosauralive.wikia.com
       Ini dia salah satu jenis hewan yang masih ada sampai sekarang dan tidak banyak mengalami perubahan. Hiu !!!. Stethacanthus adalah jenis hiu purba yang hidup di rawa air tawar dan lautan. Hiu ini memakan ikan kecil, amfibi, dan reptil lain yang masuk ke wilayahnya. Selama periode devonian, ia sering dimangsa ikan lainnya yang lebih besar darinya seperti Dunkleosteus. Akan tetapi berkat kesabaran dan kerja keras ia menjadi ikan yang sukses dimasanya ia menjadi predator di bagian atas rantai makanan saat periode karbon. 



 
        Sekian postingan Saya untuk kali ini. Jika ada kesalahan baik dari kata-kata ataupun data silahkan untuk disampaikan melalui kolom komentar agar dapat diperbaiki. Sekian pembahasan tentang periode Devonian.

   Sampai jumpa di postingan selanjutnya ~
  















Sumber : - https://1cak.com/1654120
               - https://1cak.com/1655613
               - https://id.wikipedia.org/wiki/Devon_(periode)
               - https://en.wikipedia.org/wiki/Devonian
               - https://en.wikipedia.org/wiki/Archaeopteris
               - http://walkingwith.wikia.com/wiki/Hyneria
               - http://www.prehistoric-wildlife.com/species/p/panderichthys.html
               - http://www.prehistoric-wildlife.com/species/a/arandaspis.html
               - http://prehistoric-earth-a-natural-history.wikia.com/wiki/Hynerpeton
               - http://dinopedia.wikia.com/wiki/Boreaspis
               - http://www.rareresource.com/Boreaspis.htm
               - https://en.wikipedia.org/wiki/Boreaspis
               - https://id.wikipedia.org/wiki/Dunkleosteus
               - http://dinosauralive.wikia.com/wiki/Stethacanthus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar