Translate

Sabtu, 14 Juli 2018

Karbon : Periode Keempat Di Era Peleozoikum (Bagian 2)



   Melanjutkan postingan sebelumnya tentang periode karbon bagian 1, Sekarang kita melanjutkan ke periode keduanya yang akan membahas tentang makhluk hidup pada masa itu.


Sumber : museumsvictoria.com.au


     Tapi seperti cerota manga shounen lainnya di mana sang karakter utama yang sudah sekarat tiba-tiba secara ajaib dapat kekuatan lagi karena ikatan persahabatan................. ketika dunia kebingungan karena belum ada listrik untuk menghidupkan lampu neon baru ini............... tiba-tiba, muncullah...... senter pakai baterai !!! tanpa perlu listrik dia dapat membantu dunia menemukan listrik untuk menghidupkan sang lampu neon, beginilah awal kisahnya........... tentang kakak beradik yang menemukan sang anak terpilih sedang membeku bersama appa yiep yiep peliharaannya. Kedua kakak beradik ini membantunya melawan sang raja iblis. Ceritanya dimulai ketika........... Bentar kenapa malah lanjut cerita yang kemarin lagi ? ok sebelum kelupaan materinya gara-gara cerita ini, kita mulai saja tentang makhluk hidup pada saat karbon ini.


    1.)Meganeura

 
Sumber : http://prehistoricpark.wikia.com


       Meganeura adalah serangga terbang pada periode karbon. Dia adalah seekor penerbang yang lincah. Hewan ini diperkirakan memakan kadal kecil, amfibi kecil, serangga lain, dan bahkan ikan. Meganeura bukanlah capung sejati, tetapi ia leluhur awal dari capung modern. Dengan bentang sayap bisa mencapai 65 cm bahkan larvanya memiliki panjang sekitar 12 inchi.

        Meganeura menghabiskan sebagian besar hidupnya di udara.ia hanya mendarat untuk kawin, bertelur, mencari perlindungan dari badai, dan kadang-kadang untuk memakan mangsanya. Satu-satunya yang diketahui sebagai predator dari meganeura adalah amfibi raksasa Proterogyrinus.


    2.)Mesothelae

Sumber : http://winx-club-and-freinds-adventures.wikia.com

       Bagi penderita Arachnofobia tidak akan suka dengan yang satu ini. Jika hewan satu ini masih hidup sampai sekarang mungkin mereka bisa berburu hewan sebesar kucing. Ukuran Mesothelae kurang lebih seukuran kepala manusia. Tidak seperti laba-laba modern, mesothelae tidak membuat jaring laba-laba seperti sekarang untuk menangkap mangsanya melainkan ia akan bersembunyi di dalam tanah dan menggunakan benangnya untuk membuat getaran sebagai tanda ada hewan yang berada dalam jangkauan buruannya. Jika mangsanya sudah terdeteksi dia akan langsung menyergapnya dan membawa mangsanya yang sudah terbunuh kembali ke liangtanahnya lalu menyuntikkan cairan pencernaan. ya seperti jumpscare gitu lah. Jangan dibuka !


    3.)Arthopleura

Sumber : http://walkingwithdinos.wikia.com

       Silahkan bayangkan sendiri bagaimana jika ini masih hidup sampai sekarang. Ngomong-ngomong arthopleura pohon yang dibelakang dua hewan ini ya............... nggak becanda dia si yang mirip kelabang warna merah itu. Ini adalah salah satu arthropoda terbesar sepanjang masa. Dengan panjang sekitar 2,6 - 3,2 meter siapa juga yang nggak mau punya peliharan seperti ini ? bayangkan jalan kemana-mana nunggangi ni kelabang. Mantap euy!


    4.)Titanomyrma

Sumber : http://primeval-fanon.wikia.com

       Dengan panjang hingga 6 cm dan lebar sayap hingga 15 cm semut mana lagi yang berani melawan ni nenek moyangnya. Walaupun kemungkinan dia herbivora.  Titanomyrma sepertinya sudah menggunakan asam format sebagai pertahanan.


    5.)Apthoroblattina

Sumber : www.deviantart.com

       Nenek moyangnya kecoa nih, bayangkan kalau sekarang masih ada. Tidak terlalu banyak info tentang nih kecoa bahkan ada yang bilang ukurannya sekitar 50 cm dan ada juga yang bilang sebenarnya 50 mm atau hanya 5 cm sama seperti ukuran kecoa zaman sekarang walaupun kita tidak tahu yang mana yang benar. Dasar hewan nggak jelas.


    6.)Petrolacosaurus

Sumber : http://walkingwith.wikia.com

        Petrolacosaurus adalah salah satu reptil pertama yang berevolusi. Ukurannya tidak jauh beda dengan kadal zaman sekarang dan membuatnya berada di tingkat bawah dalam rantai makanan. Mereka sering menjadi mangsa. Walaupun begitu ia adalah pelari yang cepat dngan stamina yang kuat.


   

Sekian untuk postingan Saya kali ini. Jika ada kesalahan baik dari kata-kata maupun data silahkan disampaikan melalui kolom komentar agar dapat diperbaiki. Sekian pembahasan tentang periode keempat di era Peleozoikum, yaitu periode karbon. Untuk postingan selanjutnya kita akan melanjutkan untuk cerita petualangannya Periode terakhir di era paleozoikum ini. Masih ingatkan kenapa cerita absurd itu muncul di postingan sebelumnya ? karena pada dasarnya keadaan nyaman di periode karbon ini akan mendatangkan bahaya yang tidak terduga, yaitu pada periode selanjutnya yaitu permian, masa paling menyengsarakan.


   Sampai jumpa di postingan selanjutnya ~

  















Sumber :   - http://dinosauralive.wikia.com/wiki/Meganeura
                - http://walkingwith.wikia.com/wiki/Meganeura
                - http://walkingwith.wikia.com/wiki/Mesothelae
                - http://walkingwithdinos.wikia.com/wiki/Arthropleura
                - http://primeval-fanon.wikia.com/wiki/Titanomyrma_(NB)
                - https://www.deviantart.com/teratophoneus/art/Horror-of-all-housewifes-303056193
                - http://walkingwith.wikia.com/wiki/Petrolacosaurus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar