Translate

Sabtu, 17 Maret 2018

Apa Itu Cryptocurrency


Sumber : www.express.co.uk



     Pernah tidak sih kalian mendengar kata bitcoin ? atau ada di sini yang sedang berbisnis bitcoin ? atau mungkin kalian termasuk orang-orang yang beruntung karena dulu sempat beli bitcoin saat masih murah-murahnya dan sekarang udah dijual waktu harga satu bitcoin tembus 200 juta rupiah ? atau jangan-jangan kalian termasuk orang yang sial karena nukar bitcoin waktu harganya baru belasan juta dan nggak nyangka harganya sekarang bisa naik sampai ratusan juta dan saking nyesalnya berharap ada mesin waktu dan kembali ke masa lalu hanya untuk membuat diri kalian di masa lalu nyimpan bitcoin supaya kalian sekarang bisa kaya raya ? atau mungkin............................................. oke, cukup bicara tentang kemungkinannya.




Sumber : www.coinstaker.com
 
     Jadi, apa itu bitcoin ? bitcoin adalah contoh mata uang virtual. Jadi, pada dasarnya bitcoin itu tidak pernah ada. Harga bitcoin tidak pernah tetap sehingga harga bitcoin dapat naik dan turun dengan cepat. hal ini karena harga bitcoin didasarkan pada permintaan dan penawaran. Ketika permintaan tinggi dan jumlah Bitcoin yang tersedia rendah maka harga Bitcoin akan tinggi, dan sebaliknya. Bitcoin dapat digunakan untuk melakukan pembelian berbagai jasa seperti game sampai dengan hosting website. Bitcoin sebenarnya hanya salah satu dari sekian banyak mata uang virtual yang ada. mata uang virtual itu bisa disebut juga cryptocurrency. Dan itulah yang akan Kita bahas pada postingan kali ini.




   Apa Itu Cryptocurrency ?



Sumber : vladimirribakov.com


     Cryptocurrency terdiri dari 2 kata yaitu crypto yang artinya rahasia dan currency yang artinya uang. Secara sederhana kita bisa mengartikan cryptocurrency sebagai sebuah teknologi mata uang virtual yang mana menggunakan sistem kriptografi untuk mengamankan transaksinya. Cryptocurrency atau bahasa lainnya uang virtual, adalah mata uang di mana transaksinya dapat dilakukan dalam jaringan (online) dan di kelola oleh jaringan teknologi peer-to-peer. tidak seperti halnya mata uang kertas yang dicetak, cryptocurrency didesain dengan memecahkan soal-soal matematika berdasarkan kriptografi. mata uang digital biasanya bersifat terdesentralisasi. Artinya, secara umum jauh lebih aman daripada yang sifatnya terpusat.


     Nilai mata uang virtual di dasarkan pada kelangkaannya, sehingga harganya bisa naik dan turun dengan sangat cepat karena berdasarkan sistem penawaran dan permintaan. Proses penciptaannya melalui "pemecahan" matematika yang rumit. 


     Cryptocurrency sudah ada sekitar sepuluh tahun lalu dan kini telah menjadi cukup populer, tersebar luas, serta dilingkupi juga atas banyak kontroversi dari perkembangan yang inovatif. Saat ini sudah ada kurang lebih 904 jenis mata uang Virtual.




   Sejarah Cryptocurrency



Sumber : cryptocr.blogspot.co.id


      Dalam sejarah cryptocurrency, Bitcoin merupakan mata uang digital pertama yang bersifat desentralisasi. Namun, mata uang digital ternyata sudah ada sejak 1980-an. Sejarah cryptocurrency sebelum era Bitcoin inilah yang kemudian menjadi salah satu ide pendukung dari lahirnya Bitcoin. Setidaknya ada lima produk cryptocurrency yang terkenal di saat Bitcoin belum diciptakan.


   Digicash


     Pada 1982, seorang cryptographer asal Amerika Serikat, David Chaum, menggagas sebuah ide yang dinamakannya sebagai blind signatures. Dalam makalah tersebut Dia menyampaikan pandangannya terhadap hubungan antara uang dan privasi. Chaum percaya bahwa untuk menjalani perdagangan yang aman, masyarakat membutuhkan uang berbasis token yang dapat menyamai sifat dari uang logam dan kertas. 

 

E-Gold


     E-Gold didirikan pada 1996 oleh Dr. Douglas Jackson dan Barry K. Downey. Pada saat itu, E-Gold muncul dengan ide segar tentang transaksi digital berbasis emas dan perak. Metode yang ditawarkannya adalah pengguna membuat akun E-Gold, lalu mengirimkan emas atau peraknya ke E-Gold, dan kemudian E-Gold akan melakukan kredit di akun pengguna. Kredit tersebutlah yang kemudian dapat dikirim ke merchant ataupun pengguna E-Gold lainnya.


   Beenz dan Flooz


     Beenz dan Flooz merupakan dua nama mata uang digital yang sangat terkenal di tahun 1998-1999. Beenz didirikan oleh Charles Cohen, sedangkan Flooz didirikan oleh Robert Levitan. Keduanya memiliki sistem bisnis yang sama, dimana website ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan komisi berbentuk mata uang digital tersebut. Caranya, pengguna hanya perlu melakukan aktivitas-aktivitas normal di internet, seperti mengunjungi website lain, belanja online, ataupun log in ke dalam sistem melalui penyedia jasa internet (ISP) tertentu. Setelah pengguna mengumpulkan sejumlah mata uang Beenz atau Flooz, mereka dapat menggunakannya untuk membeli barang dari online merchant yang sudah bekerja sama dengan Beenz atau Flooz.


   InternetCash 


     Pada awal berdirinya, InternetCash dihadapkan pada dua pilihan yaitu mengikuti metode pembayaran pada jaringan perbankan seperti Visa dan Mastercard, atau membuat jaringannya sendiri. Satu hal yang sangat ingin direalisasikan oleh para pendiri InternetCash adalah jaringan pembayaran tersebut harus lebih aman dari Visa dan Mastercard. Akhirnya, diputuskanlah bahwa InternetCash akan membuat metode pembayaran internet dengan jaringannya sendiri.


     Pemasaran InternetCash dilakukan dengan cara bekerja sama dengan online merchant. Pengisian saldo di kartu prepaid pengguna dilakukan dengan cara men-topup sejumlah uang kepada InternetCash. Sama halnya dengan Visa dan Mastercard, setiap pemilik kartu InternetCash juga memiliki nomor kartu dan PIN (Personal Identification Number). Pada saat pengguna akan membayar belanjaan mereka, online merchant akan melempar para pengguna ke satu halaman web yang dioperasikan secara khusus oleh InternetCash. Mereka menyebut halaman tersebut dengan “InternetCash Payment Window“. Di sana, pengguna akan diminta memasukkan nomor kartu serta PIN-nya. Setelah nomor kartu, PIN, dan jumlah saldo dinyatakan valid, identitas kartu dan detil transaksinya akan ditandai dan dienkripsi secara dijital oleh sistem. Jika semua data dinyatakan valid, informasi transaksi tersebut kemudian dikirim kembali ke merchant untuk disimpan sebagai referensi, sedangkan hasil dari olahan data yang telah dienkripsi akan dikirim ke server pembayaran InternetCash.




     Sekian postingan Saya kali ini tentang apa itu cryptocurrency. Atas kekurangan dan jika ada kesalahan informasinya Saya mohon maaf, dan terima kasih telah membaca postingan kali ini.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya ~


 
  









Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar